Sabtu, 28 Januari 2012

Siklus akuntansi Versi Srimulyati

Haloohaa.. Baikkah kabar mu saat ini?? Oke langsung aja, dalam entri ini kita akan membahas tentang siklus akuntansi. Berikut adalah gambaran tentang siklus akuntansi.

 

Apa, pusing?? ngga kok. tenang berikut ini adalah penjelasasnnya.

1.Bukti Transaksi
Bukti Transaksi adalah kejadian awal dari siklus akuntansi. contoh: kuitansi, faktur, nota, dll.

2. Jurnal
Jurnal adalah semua transaksi keuangan suatu badan usaha atau organisasi yang dicatat secara kronologis dan bertujuan untuk pendataan, termasuk di dalamnya jumlah transaksi, nama-nama transaksi baik mempengaruhi atau dipengaruhi, dan waktu transaksi berjalan. Proses pencatatan ini disebut penjurnalan. Jurnal dikenal juga sebagai buku pemasukan utama books of original entry karena menjadi tempat terjadinya pencatatan transaksi pertama atau penyesuaian pemasukan adjusting entries. 

3.Buku Besar
 Buku besar (Ledger) adalah kumpulan akun-akun yang digunakan untuk meringkas transaksi yangtelah dicatat dalam jurnal.Buku besar juga dapat diartikan tahapan catatan terakhirdalam akuntansi (book of final entry) yang menampung ringkasan data yang sudah dikelompokan atau diklasifikasikanyang berasal dari jurnal.

4. Neraca Saldo
 Neraca Saldo adalah daftar yang berisi kumpulan seluruh rekening/perkiraan Buku Besar.
Neraca Saldo biasanya disiapkan pada akhir periode atau dapat juga disiapkan kapan saja untuk memastikan keseimbangan Buku Besar. Untuk menyiapkan Neraca Saldo, saldo tiap perkiraan harus ditentukan terlebih dahulu.

5. Kertas Kerja
 Kertas kerja adalah suatu daftar pencatatan neraca saldo, penyesuaian, serta penggolongan akun buku besar sebagai alat bantu dalam menyusun laporan keuangan. Kertas kerja berbentuk lajur sehingga sering disebut neraca lajur. Kertas kerja berfungsi sebagai alat bantu dalam menyusun laporan keuangan. Oleh karena fungsinya tersebut, kertas kerja bukan tujuan akhir dari pencatatan akuntansi.

6. Laporan Keuangan
laporan keuangan adalah laporan akuntansi utama yang mengkomunikasikan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan ekonomi.

7. Jurnal Penutup
Jurnal Penutup adalah ayat jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk menutup rekening-rekening nominal/sementara.

8. Neraca Saldo Setelah Penutupan

eraca Saldo Setelah Penutupan Buku adalah suatu daftar yang berisi saldo-saldo rekening BukuBesar setelah koperasi melakukan penutupan buku. Oleh karena itu, rekening-rekening yangterdapat di dalam Neraca Saldo Setelah Penutupan Buku hanya berupa rekening-rekening riil(neraca).
9. Jurnal Pemalik
Jurnal pembalik pada hakekatnya adalah jurnal untuk membalikan ayat jurnal penyesuaian, namun tidak semua ayat jurnal penyesuaian harus dibalikan. Disamping itu pembuatan ayat jurnal pembalik ini bukan suatu keharusan tergantung sistem pencatatan akuntansi perusahaan dalam hal pengakuan harta atau beban dan utang atau pendapatan. Sekali perusahaan menggunakan pendekatan beban dan pendapatan maka perusahaan harus konsisten (tidak bolah berubah-ubah) harus tetap dipertahankan.

Naahh sobat-sobat itulah sekilas penjelasan tentang siklus akintansi. srmoga bermanfaat, Amiiin. Sampe jumpa di entri berikutnya. Blog ini selalu menunggu kamu kamu yang berkunjung ke sinni. Yu ahh Makassih anyak sobb..  

Sri Mulyati
Banjar, 29 Januari 2012





Tidak ada komentar:

Posting Komentar